Sabtu, 01 September 2012

Penyaluran bakat menulis dan hobi dengan nge-BLOG

Pengenalan BLOG di Yayasan Nurul Islam, Banyung Lencir
      Blog merupakan salah satu media yang dapat menyalurkan bakat seseorang, mulai dari hobi seseorang yang gemar mengumpulan koleksi foto keindahan alam, atau Fotografer, hingga seorang yang selalu menulis kegiatan kesehariannya dalam sebuah jurnal harian.

     Blog pribadi khususnya, merupakan cerminan karakter seseorang, kita dapat mengetahuinya dengan melihat semua dari entry blog yang telah ada. Kita bisa memperkirakan ketertarikan seseorang akan sesuatu dari membaca entry blog pribadi seseorang.

Pengenalan BLOG di SMAN 1 Bayung Lencir
   

      SMAN 1 Bayung Lencir dan Yayasan Nurul Islam Bayung Lencir ( Madrasah Aliyah ), sekolah dan yayasan yang berada di Wilayah Kecamatan Bayung Lencir, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Kedua sekolah ini merupakan dua dari tiga belas titik layanan Mobil Pustaka Bersama, Mobil Layanan Perpustakaan yang merupakan Program CD ( Comunnity Development ) dari JOB Pertamina - Talisman Jambi Merang yang dalam pelaksanaan Programnya bekerjasama dengan Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia ( YPPI ).

      Pada hari Sabtu, 02 September 2012, bertempat di ruang salah satu kelas di SMAN 1 Bayung Lencir pada pukul 09.30 - 11.30 WIB dan di salah satu ruang kelas di Yayasan Nurul Islam pada pukul 13.00 - 15.00 WIB, tim YPPI melakukan pengenalan dasar tentang media BLOG, dalam kesempatan ini para siswa sudah dikenalkan cara pembuatan Akun di GMAIL, dan membuat BLOG pribadi sesuai dengan hobi dan bakat masing - masing siswa, diharapkan dalam kegiatan ini akan muncul bakat penulisan dari para siswa yang nantinya akan dapat berkompetisi dengan siswa yang lain yang tidak hanya diwilayah kecamatan Bayung Lencir, namun bahkan bisa bersaing dengan para teman - teman yang berada diwilayah negara Indonesia.

Peserta langsung mempraktekan pembuatan BLOG

      Memaksimalkan fungsi Browser di Internet adalah salah satu trik dari memaksimalkan belajar BLOG Design, banyak artikel maupun tutorial yang dapat kita pelajari dari teman -teman kita yang sudah ahli sebelumnya di dunia TI ( Teknologi Informatika ), metode yang dipakai dalam acara kegiatan pembuatan BLOG kali ini adalah 100 % praktek, jadi ketika kegiatan ini selesai dilaksanakan para siswa sudah disibukkan dengan mengisi entry baru di BLOG mereka, dengan filosofi memberikan kail bukan ikan diharapkan para siswa akan dapat memaksimalkan fungsi dan tampilan blog menjadi lebih baik dikemudian hari dengan memaksimalkan fungsi browser di internet, yang hingga saat ini para siswa sebagian hanya mengenal Media Sosial Facebook.

       Hari Minggu, 02 September 2012 pada pukul 09.00 - 12.00 WIB, Tim YPPI mengajak siswa dari MA ( Yayasan Nurul Islam Bayung Lencir ) yang mengikuti pengenalan blog dihari sebelumnya untuk belajar bersama di salah satu ruang kelas di SMAN 1 Bayung Lencir bersama dengan para siswa di SMAN 1 Bayung Lencir.

Tidak ada komentar: