Jumat, 16 November 2012

Perpustakaan Ideal di Desa Mendis, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi banyuasin, Sumatera Selatan


Meja Petugas atau Layanan
Dengan wajah baru, bangunan yang dulu difungsikan sebagai Posyandu, dan telah lama tidak difungsikan lagi, karena Posyandu sudah memiliki gedung baru, maka pada hampir 3 tahun yang lalu, bangunan ini dimanfaatkan sebagai Sudut Baca di Desa Mendis, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Di Sudut Baca " Pustaka Cerdas " akan segera menjadi sebuah Perpustakaan Desa dan sekaligus menjadi Pilot Project sebuah Perpustakaan yang ideal di Kecamatan Bayung Lencir.

Rak Koleksi Buku
Beberapa Ruang telah dipersiapkan beserta kelengkapan di masing - masing ruangan, antara lain : Ruang Bermain, Ruang Audio Visual, Ruang Baca, Ruang Referensi, Ruang Reservasi, Ruang Komputer, Ruang Deposit, dan Ruang Koleksi. Sejumlah ruang tersebut merupakan salah satu bentuk ideal sebuah Perpustakaan.
Ada beberapa Sudut Baca yang akan dijadikan sebuah Perpustakaan Desa atau Kelurahan, yang
Rak Majalah dan Koran
memicu perubahan dari Sudut Baca menjadi sebuah Perpustakaan pada akhir tahun Program Pustaka Bersama 2011 ini adalah keluarnya SK Kelurahan Bayung Lencir yang menyatakan bahwa Sudut Baca Bayung diakui sebagai Perpustakaan Kelurahan, dengan demikian maka Perpustakaan menjadi tanggung jawab Desa yang bersangkutan, yang sebelumnya dikelola oleh para relawan lokal dengan pengarahan Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia sebagai pelaksana Program Pustaka Bersama yang merupakan Program CSR daro JOB Pertamina - Talisman Jambi Merang.

Ruang Bermain
Diharapkan lima Sudut Baca yang lain juga akan dikukuhkan dengan SK Kelurahan atau Desa setempat bahwa Sudut Baca adalah menjadi Perpustakaan milik Desa atau Kelurahan, karena inilah yang selama ini diperjuangkan untuk mendapatkan pengakuan.

Ruang Komputer atau Laptop
Akan dilakukan secara bertahap untuk melakukan pendekatan kepada lima Kepala Desa yaitu :

1. Desa Simpang Bayat
2. Desa Kaliberau
3. Desa Mendis ( dalam Proses )
4. Desa Mendis Jaya
5. Desa Pulai Gading

Kapan di Launcing / diresmikan Yaaa...????
tunggu kabar selanjutnya....dari kami....

Tidak ada komentar: